Cara Merawat dan Mempertahankan Kualitas Keindahan Batu Pirus Kesayangan Anda



Bagi pecinta batu yang mulai menggemari batu setelah tahun 2014 mungkin Pirus adalah hal baru, karena umumnya Pirus adalah incaran lanjutan setelah menggemari batu-batu jenis lainya. Oleh karena itu mungkin saja banyak yang tidak mengetahui bahwa batu biru yang satu ini memerlukan perawatan tersendiri, supaya batu Pirus kesayangan dapat selalu tampil memukau bila dikenakan di jari kita.


Walaupun sebenarnya ini adalah artikel untuk pecinta batu Pirus pemula, namun tidak ada salahnya kita mengulas kembali tentang cara merawat Pirus agar selalu siap tampil kapanpun kita membutuhkanya.





Perawatan yang kita bahas kali ini sebenarnya bukanlah merupakan metode treatment atau perawatan yang sulit untuk dilakukan, karena perawatan tersebut dapat dikatakan tidak berbeda jauh dengan cara perawatan batu akik lain pada umumnya. Hanya saja memang terdapat beberapa hal yang harus dihindari mengingat setiap batu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, seperti salah satunya adalah pada batu Pirus ini. Yang memang memiliki tingkat kekerasan yang tidak terlalu baik.

Di Indonesia, Pirus dengan warna biru dan matriks berpola memang lebih digemari. Sedikit berbeda denga kebiasaan di luar negeri yang lebih memilih batu Pirus yang tanpa matriks atau polos. Hal tersebut sangatlah wajar, karena adanya pola urat tak beraturan dengan warna yang lebih gelap dari pada warna batunya menjadikan tampilanya terasa sangat unik dan indah. Dan berikut ini adalah cara untuk merawat batu pirus agar tetap dalam kondisi sempurna :



    1. Untuk menjaga batu tetap bersih maka anda pun dapat mencuci batu tersebut, namun ketika mencucinya hindarilah menggunakan sabun cuci atau deterjen yang bersifat panas, akan tetapi gunakanlah sabun mandi yang dicampurkan dengan air kemudian gosok dengan menggunakan sikat halus atau dapat juga menggunakan kuas.
    2. Sedangkan untuk menjaga kilau pada permukaan batu Pirus sendiri maka anda pun dapat menggunakan minyak essensial non-alkohol seperti minyak zaitun atau baby oil, caranya cukup dengan mengoleskan minyak tesebut secara tipis dan merata kemudian gosok batu secara perlahan dengan menggunakan kain halus seperti kain katun.
    3. Berikutnya adalah dengan menghindarkan batu Pirus dari sumber panas dengan suhu yang terhitung tinggi, seperti terlalu sering terkena cahaya matahari langsung dalam waktu yang lama atau bahkan sengaja dijemur seperti kebanyakan batu mulia lain pada umumnya.
    4. Hindari pengolesan minyak yang berwarna, karena dapat terjadi peresapan melalui urat-urat tanahnya dan menyebabkan batu terinfeksi warna lain.
    5. Selalu dekatkan dekatkan diri kepada Yang Maha Pencipta, karena konon keindahan batu Pirus akan meningkat dan menyusut sesuai dengan perilaku si pemakainya.
    Demikian tadi adalah sedikit ulasan tentang cara merawat batu Pirus, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat untuk sahabat pecinta Pirus yang ada di seluruh belahan dunia.
    Share on Google Plus

    About Kisah Alam

    This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
      Blogger Comment

    0 komentar:

    Posting Komentar