Mengenal Apa Itu Pirus Abdul Rozaq dan Cirinya

Insert : hanya ilustrasi, tidak mewakili keterangan di bawah

Di semenanjung Persia terutama Iran banyak ditemukan tambang batu pirus, dan masing-masing mengklaim bahwa produk tiap gua adalah memiliki kualitas yang terbaik. Berikut ini adalah klaim nama tambang yang terdapat di daerah/wilayah Iran yang menurut berbagai sumber.

Tambang Nayshabur
Nayshabur merupakan wilayah yang menghasilkan batu pirus terbaik yg terletak di pegunungan Binalood di wilayah 35 kilometer dari kota (provinsi Khorasan Razavi) di selatan Gunung Ali Mirza , pirus nayshabur salah satu pirus yang berkwalitas top ,dia opaque dan waxy tapi jika di gospol karakternya lebih shine dan lusternya(porselen ) lebih excellent dari jenis pirus dari tambang lain di wilayah Iran.Pirus Nayshabur memiliki macam macam karakter jenis,selain biru polos ( Iran =Ajami ) ada pula yang hijau,tosca,biru kehijauan pucat serta banyak juga yang memiliki serat (Iran = Syajari ).Dalam buku yang ditulis olehMuhammad ibn Mansur menulis permata pirus dari non Nishapur tidak memiliki banyak kredibilitas dan tambang pirus Neyshabouri ada tujuh jenis gua dari lembah pertama:

1. Abuashaq sebuah pirus bermacam karakter warna-warni dan transparan(bukan tembus sinar).
2. Turquoise Azhari, yang dekat dengan Abu Ishaq.
3. Soleimani
4. Zerhouni
5. Earth
6. Abdul majid
7. Andalibi

Gua dibuka atas nama orang yang disebut diatas . Pirus paling mengagumkan ditambang di gua zaman kuno dan Abu Ishaq  Nishapur dinobatkan salah satu keluarga bergengsi( sudah punah ).Di Indonesia di kenal dengan nama Pirus Abdulrozzaq atau Abdul Rozak.
Berikut cuplikan dalam bahasa Persia tentang ciri Pirus Abdul Rozzag / Abo Azhaq:
در کتاب گوهر نامه تالیف محمد بن منصور چنین می نویسد که فیروزه غیر نیشابوری را اعتبار چندانی نیست و فیروزه نیشابوری هفت نوع است:

1. ابواسحاقی که فیروزه بغایت رنگین و شفاف است.
2. فیروزه ازهری که قریب به ابواسحاقی است.
3. سلیمانی
4. زرهونی
5. خاکی
6. عبدالمجیدی
7. عندلیبی

فیروزه دو رنگ را ابرش خوانند در تاریخ سلجوقیان مرقوم است که چون الب ارسلان مملکت فارس را مسخر کرد از قلعه استخر قدحی پیش او آوردند و گویند برای تاج سلطان سنجر فیروزه بحجم سیبی بود. از آب و هوای حمام آب فیروزه برود و از ملاقات روغن طراوت آن زایل گردد و از نم و بویهای تیز به آن زیان رسد.
معدن فیروزه در شش دره از کوه های موسوم ببار معدن که در پنجاه کیلومتری شمال غربی شهر نیشابور در بلوک ریوند واقع است قرار دراد و تا کنون بیش از صد غار در این دره ها برای بدست آوردن فیروزه زده شده است و در هر زمان هر غار را بنام کسیکه آن غار را احداث کرده است نامیده اند. عالی ترین فیروزه در زمان های قدیم از غار ابواسحاقی استخراج میشد و ابواسحاقی نام یکی از خاندانهای معتبر نیشابور بوده است. خواجه حافظ شیرازی در غزل بسیار زیبا و شیوا و بی نظیر خود که در تاسف و تاثر از زوال دولت شیخ ابو اسحاق اینجو پادشاه شیراز سروده است نام فیروزه بواسحاقی را بطور استعاره بکار برده است.
راستی حاتم فیروزه بواسحاقی خوش درخشید ولی دولت مستعجل بود.
چاه بو اسحاقی نزدیک 250 سال است که نتروک است و بجای آن تا مدتها غار عبدالرزاقی که در زمان شاه عباس احداث شده بود بسیار معروف بود و اکنون در زمان حاضر اشامی غارهای فیروزه نیشابور از این قرار است:
غار زاک- ملکی- عبداکریمی- غار اسب کش- غار چراغ کش- غار رئیس- احمدی- سرکوه- صدر- حسینی- اردلان- زرد- آبدار- کلهر.

Saya simpulkan cuplikan diatas sbb :
Abo Ishaghi / Abu Ashaq: Gua pertama ditemukanya pirus di lokasi penambangan Nayshabur oleh seorang bernama Abuashaq,gua tua ini ditutup atau punah ribuan tahun yang lalu. Konon gua tertua ini menghasilkan kualitas tertinggi pirus/Turquoise yang sulit di ekstra karena kekerasan batu tinggi dan memungkinkan pemotong untuk membuat bentuk khusus dengan poin tajam.Potongan ini juga dikenal nama sebagai Abo Ishaghi / Abdul Rozzaq dengan  memakai peralatan tradisional ala kadarnya,jadi sudah dipastikan bentuk polesannya tidak rapi serta tajam2 bentuk cuttingnya. Banyak orang persia saat itu juga menyebutnya cutting Abdo Al’Razaqi / Abdul Rojak, Abdul Rozzaq, Abdurozzaqi.
Belum ada data akurat berupa foto sebagai contoh dari jenis pirus ini,kemungkinan besar karena pada masa itu belum ada teknologi kamera/media rekam yang bisa mengabadikan benda,saat ini (khusus di indonesia )banyak spikulan berdasar informasi dari orang tua dahulu yang saling mengklaim jika pirus Abdulrozzaq, yaitu yang memiliki ciri warna hijau atau biru yang memiliki motif serat nyambung( padahal di iran sendiri pirus warna hijau adalah kwalitas pirus yang rendah,biru adalah terbaik dan lambang kemenangan),ada pula yang mengatakan abd rojak miliki ciri warna biru/hijau dengan serat jala merah asli versi Shajari Persia Iran ( bukan yang jenis biru dari mesir polimer ,sebab pirus persia yang bertanah serat merah juga ada dan jarang..). Ada juga yang mengatakan biru /hijau/biru kehijauan yang memiliki serat cokelat seperti karatan, seng dll, dan saya pun punya koleksi sesuai dengan kriteria tsb..hahaha,akan tetapi semua itu tidak ada yang masuk dalam kriteria yang tertulis di buku Muhammad ibn mansyur .
Entah yang mana yang benar ,semua masih belum jelas dan kemungkinan kriteria2 seperti yang disebut diatas bisa saja salah dan benar,akan tetapi secara logika saja,bagaimana bisa kita bayangkan pirus abdul rozzak asli yang usianya udah ratusan/ribuan tahun, secara struktur bentuk pasti bulukan dan kusam sekali kan??haha…nah begitu juga jika ada pirus abdulrojak asli yang beredar saat ini,bukannya kinclong dan klimis licin jika mereka nge klaim Abdul Rojak ASLI. Yaaa..mungkin mereka berdasar KATANYA secara turun temurun dengan mengacu pada ciri2 yang disebut diatas dan bisa saja itu mirip dengan abdul rozzak yang asli,dan tentunya berasal dari galian yang lebih baru tapi memiliki ciri yang sama/mirip dengan galian  dari gua abd rozzaq yang asli.Kalau sesuai dengan keterangan yang tertulis di buku Muhammad ibn Mansur ( seorang arkeolog dari Iran/from insert external link) menjelaskan kalau ciri dari jenis pirus Aboishaghi/Abuashaq/Abdulrozzaq saat jaman kuno ditambang adalah yang sangat bersih jernih clear dan memiliki karakter warna bermacam macam  tanpa urat/memiliki serat serta transparan( bukan tembus cahaya )yaaa seperti karakter pirus saat ini pada umumnya,cuman yang membedakan ketika masih berupa bongkahan rough dan belum di poles sudah kelihatan Shine ( bersinar )jadi tidak clarity tidak Opaque ( Buram ).Jenis ini kalau yang asli sudah sangat langka dan hampir dipastikan tidak dijumpai di pasar bebas,kalaupun ada kemungkinan hasil tambang lebih baru dari gua gua yang lain .Sayang tidak ada foto yang menyertai dalam buku tersebut.Selain gua Abo Ishaghi ada juga ditemukan 4 gua dari lembah yang berbeda,diantaranya:
Rokni – tambang ini memiliki kualitas yang baik dan digali dari bawah tanah ke puncak gunung
Khak Ghermez – tambang ini dikenal untuk “Robin egg ”  dan ada pula yang memiliki sedikit serat hitam atau cokelat. Ini mungkin adalah yang paling umum dikenal dengan sebutan Persia Turquoise di seluruh dunia.
Chah (yang berarti poros dalam bahasa Inggris): Ini adalah aktif sekarang tempat kerja di kedalaman 80m, tempat kerja mengandung air dan mereka harus memompa keluar setiap kali mereka bekerja, sangat sulit untuk bekerja, tapi kualitas adalah yang terbaik .Memiliki karakter keras dan padat terutama di bagian daging birunya.
Ghare Sabz (yang berarti gua hijau dalam bahasa Inggris karena ada pohon-pohon di sekitarnya, bukan karena warna Turquoise nya ): mereka memiliki warna biru, hijau,biru kehijauan,tosca yang khas,baik polos ajami maupun shajarian berserat, kekerasan juga sangat baik. Gua ini masih  produksi sampai saat ini meski tidak dalam skala besar.
Jadi kesimpulannya,pirus abdul rozzaq memiliki banyak versi kalau mengacu pada keterangan beberapa sumber baik dari Muhammad ibn mansyur(Iran ) maupun berdasar informasi turun temurun dari nenek moyang ( Si Mbah ) kita yang tentunya mereka adalah pelaku pirus pada jaman itu. Abdul rozzaq yang asli sudah punah sebab ditambang pada zaman pertama kali ditemukan pirus di lokasi penambangan neyshabur oleh seorang yang bernaama Abo Ishaghi/abuashaq dan yang jelas termakan umur ribuan tahun.

Sumber : jualbatupirus
Share on Google Plus

About Kisah Alam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar