Sleeping Beauty, Pirus Persia Ajami Yang Menjadi Hiasan Mahkota Lady Napoleon Bonaparte




Batu pirus memiliki nama latin Turquoise,hal ini disebabkan karena pada awal mulanya batu pirus dieksport oleh negara Iran ke Turki. Melalui turki dibawa ke Eropa, negara Arab atau Asia. Salah satu tambang batu pirus di Iran yang terkenal adalah Nayshabur,35 kilometer dari ibu kota provinsi Khorasan Razavi. Di selatan Gunung Ali Mirza tepatnya di lereng Binalod, selain itu ada juga tambang Kerman dan Damghan.

Tambang Nayshabur tidak hanya tambang yang paling penting di Iran saja, tetapi juga di berbagai negara maju karena kualitasnya sangat baik. Contoh pirus alami Nayshabur telah dipajang/dipamerkan di Museum Of London. Tambang tersebut memiliki cadangan 9.000 ton, kapasitas produksi tahunan mencapai 19 ton per 55 km ke sebelah barat laut dari Nayshabur.

Tambang turquoise Nayshabur yang terbagi dalam dua kelompok, tanah gunung dan ekstraksi yang dilakukan di gunung. Lembah pertama memiliki empat gua, gua pertama dikenal sebagai Gua Abdul Bvashaqy. Mmerupakan gua tertua dan menghasilkan nilai pirus yang lebih halus. Gua kedua disebut Gua Merah. Gua ketiga dan keempat Gua Raja. Sebagai hasil dari pelapukan dan erosi dari waktu ke waktu karena salju, hujan, matahari dan angin. Tanah dicampur dengan kerikil pegunungan, pirus ditemukan di antara mereka. Setelah mengekstrak biji dari tambang, memotong dan dipoles oleh para profesional. Dibentuk datar dan lebih besar sehingga lebih tampak berharga. Batu yang diambil dari tambang dengan menggali terowongan dan kedalaman sumur kadang-kadang sampai 70-80 meteran, itupun tanpa ada ventilasi udara buatan untuk menelusuri gua. Sangat beresiko bagi keselamatan pekerja tambang.

Turquoise Neyshabouri/pirus Naishabur  dibagi menjadi dua kategori utama yaitu Ajami dan Shajari.Dan Eropa mengistilahkan Angustari, Barkhaneh dan Arabi

Sleeping Beauty, Pirus Persia Ajami di mahkota Lady Marie Louise

Lukisan Marie Louise dengan mahkota bermata Zamrud

Ajami memiliki warna biru murni serta jenis yang paling mahal yang digunakan untuk cincin. Ajami juga ada yang memiliki setengah dari warna biru kehijauan. Percaya atau tidak, Ajami pirus seukuran kuku orang dewasa dijual di Amerika hingga 20000 dolar. Pirus persia Naishabur berwarna biru polos adalah kualitas tertinggi dan sangat mahal, sementara hijau biru atau pucat yang bernilai lebih umum dan murah.Bahkan konon sang ksatria tersohor Napoleon Bonaparte mengganti batu Zamrud di mahkota istri keduanya, Marie Loise, dengan Sleeping Beuaty Persia. Karena mahal maka banyak sekali jenis Ajami biru polos banyak di palsukan dan banyak beredar di pasaran.

Pirus Persia Shajari ( doc. InstaRix )


Jenis Shajari memiliki banyak matrix/serat kuning,coklat atau hitam. Bentuk pola serat sepintas menyerupai akar pohon. Warna dasar dari batu umumnya  biru,hijau sampai warna biru kehijauan atau tosca.Jenis Shajari inilah yang banyak beredar di Timteng termasuk Asia, sedangkan Ajami banyak di export ke negara negara Eropa,
Share on Google Plus

About Kisah Alam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar